Saturday, December 18, 2010

HIKMAH DI SEBALIK MUSIBAH


Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah dengan seidzin dari Allah. Dan semua itu tidak ada yang sia-sia,karena Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana atas segala hukum yang ditetapkan dan tidak pernah sedikitpun berbuat zholim kepada hamba-hambaNya.

Demikian pula halnya dengan musibah yang terjadi pasti ada hikmahnya. Seorang yang beriman hendaknya memahami hal ini dengan baik. Sebab Rosulullah SAW. Telah menggambarkan keagungan pribadi orang-orang mukmin dalam Hadits shohih riwayat Bukhori-Muslim.

Artinya:
Urusan orang mukmin itu menakjubkan, sebab semua urusannya adalah baik buat dirinya. Ketika ia ditimpa kelapangan ia bersyukur,maka yang demikian itu baik baginya. Dan ketika ditimpa kesempitan ia bersabar,maka yang demikian itu juga baik baginya.

Musibah yang terjadi itu ada dua kemungkinan.

Pertama : Musibah terjadi sebagai hukuman bagi orang-orang yang telah berbuat maksiat kepada Allah SWT. diantara mereka ada yang melakukan kemaksiatan karena kebodohannya,maka hendaknya mereka mau belajar. Dan ada diantara mereka yang melakukannya karena kelalaian atau karena disengaja,maka hendaknya mereka sadar, beristighfar dan bertaubat kepada Allah SWT. Perhatikan beberapa ayat berikut ini.

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَاكَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوعَن كَثِيرٍ
Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).(QS. Asy Syura ayat:30)

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي
النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) (QS.Arrum ayat:41)

وَضَرَبَ اللّهُ مَثَلاً قَرْيَةً كَانَتْ آمِنَةً مُّطْمَئِنَّةً
يَأْتِيهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِّن كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللّهِ
فَأَذَاقَهَا اللّهُ لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُواْ يَصْنَعُونَ
Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tentram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduknya) mengingkari nikmat-nikmat Allah, Karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang telah mereka perbuat.(QS.An Nahl ayat:112)

Yang kedua : Musibah terjadi sebagai ujian bagi orang mukmin. Sebagaimana firman Allah;

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا
يُفْتَنُونَ وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ
الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ
Apakah manusia itu mengira bahwa merewka dibiarkan (saja) mengatakan: “kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka,maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (QS.Al ‘Ankabut Ayat:2-3).

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ
Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu…(QS. Ali ‘Imron ayat:186)

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ
الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Dan sungguh akan Kami beri cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah ayat : 155 )

Sikap seorang mukmin dalam menghadapi musibah.

1. Sabar

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, ” Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun “(QS. Al Baqarah ayat : 156 )

artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali.kalimat ini dinamakan kallimat ‘istirjaa’(pernyataan kembali kepada Allah). Di sunnahkan menyebutnya waktu ditimpa musibah,marabahaya baik besar maupun kecil.

Dan Nabi Muhammad juga menegaskan, “Sabar itu pada waktu ketika musibah terjadi.”

2. Yakin bahwa Allah memberi pahala atas orang yang sabar

مَا عِندَكُمْ يَنفَدُ وَمَا عِندَ اللّهِ بَاقٍ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُواْ
أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ
Apa yang disisimu akan lenyap, dan apa yang ada disisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.(QS. An Nahl ayat:96)

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ
…Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.(QS.Az Zumar Ayat:10)


3. Berusaha dan minta tolong pada Allah

قَالَ مُوسَى لِقَوْمِهِ اسْتَعِينُوا بِاللّهِ وَاصْبِرُواْ
إِنَّ الأَرْضَ لِلّهِ يُورِثُهَا مَن يَشَاء مِنْ عِبَادِهِ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ
Musa berkata kepada kaumnya:”Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah; sesungguhnya bumi (ini) kepunyaan Allah; dipusakakan-nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dari hamba-hambaNya. Dan kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertaqwa.(QS. Al A’raf ayat:128)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Hai orang-orang yang beriman mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.(QS. Al Baqarah ayat : 153 )

4. Yakin pasti ada jalan keluarnya

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan(5),Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(6) (QS. Al Insyiroh ayat:5-6)

5. Musibah adalah ladang amal sholeh bagi orang2 yang ada di dekat maupun yang jauh

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ
أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguiji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (QS. Al Mulk ayat : 2)

Extracted from: www.vbi-attaqwa.org/2009/11/06/hikmah-dibalik-musibah/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...