Thursday, December 16, 2010

TIPS BANGUN MALAM UNTUK SOLAT TAHAJUD


Kita tahu semua bahwa sholat tahajjud merupakan salah satu sholat sunnah yang utama. Bahkan begitu cintanya Rasulullah SAW terhadap sholat tahajjud ini, beliau menempatkannya dibawah sholat wajib. Seperti dalam sabdanya:

Sholat yang paling utama sesudah sholat wajib adalah sholat malam (tahajjud)

Berikut ini adalah beberapa tips, agar kita dapat melaksanakan sholat sunnah yang sangat mulia itu. Insya Allah

1. Memiliki tekad dan niat kuat

Niat merupakan pangkal utama bagi semua kegiatan kita. Semakin kuat tekad kita, yakinlah Allah akan membantu kita mewujudkan tekad tersebut.

2. Tidurlah lebih awal sehingga memiliki kekuatan lebih untuk sholat malam

Jika perlu, biasakan tidur tidak terlalu malam, misalnya maksimum jam 21.00 untuk kemudian bangun jam 03.00. Jika sudah terbentuk jam biologis (karena berusaha membiasakan diri), maka Insya Allah, bangun tengah malam tidak akan sukar.

3. Berdoa kepada Allah SWT agar bisa dibangunkan di sepertiga malam terakhir.

4. Hendaknya tidur siang sebentar (Qoiluulah) di siang hari.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, qoiluulah ini sangat membantu kesegaran jasmani kita sehingga bisa bangun tengah malam.

5. Jangan terlalu banyak makan.

Terutama pada malam hari, karena akan menyebabkan Anda mudah tidur pulas dan sulit untuk bangun malam. Makan terlalu banyak sebelum tidur pun akan merusak kesehatan.

6. Jangan bekerja terlalu berat di siang hari.

Jika Anda telalu berat bekerja pada siang hari, maka akan membuat tubuh kelelahan sehingga badan meminta haknya lebih banyak untuk berisitirahat, mata menjadi mengantuk sehingga susah untuk dibangunkan.

7. Menjauhi dosa dan maksiat.

Dalam sebuah kisah yang pernah saya baca dari sebuah buku, diceritakan bahwa seseorang yang sudah bangun tengah malam, segar bugar, sudah berwudhu dan hendak melakukan sholat malam tetapi ternyata tidak bisa. Setelah bertanya kepada ahlinya, dia mendapat jawaban:

Engkau terbelenggu oleh dosa-dosa.

Subhanallah…

8. Membersihkan hati dari sifat iri dan dengki terhadap orang lain.

Hati yang bersih, akan mempermudah kita untuk beribadah kepada Allah SWT. Dari sebuah hadits, Rasulullah pernah bersabda: “Keimanan seseorang tidak akan menjadi teguh sebelum hatinya bersih, dan hatinya tidak akan menjadi bersih sebelum lisannya juga bersih.” (HR. Ahmad)

9. Tidak berlebihan dalam menikmati kesenangan dunia.

10. Gunakan alat bantu seperti alarm clock, HP dan lain-lain.

Saat ini sudah banyak peralatan modern yang memungkinkan kita untuk dibangunkan dengan paksa. Misalnya TV yang bisa diset untuk menyala pada jam-jam tertentu. Alarm clock yang berbunyi dengan keras dan menjengkelkan sehingga mau tidak mau kita bangun. Ataupun HP yang bisa diset untuk membangunkan kita pada jam-jam tertentu. (Biasanya jika HP kita berbunyi maka kita akan lebih tanggap untuk bangun, dibandingkan jam alarm biasa, karena menyangka ada teman yang menelepon).

Mudah-mudahan tips diatas bisa membantu untuk bangun tengah malam. Insya Allah.

Wallahua’lam bis sawwab.


http://muslimhabits.net/2009/agar-bisa-bangun-untuk-sholat-tahajjud/

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...